Mitos Keliru tentang Introvert dan Ekstrovert

 on Sunday 13 December 2015  


Setelah kemarin kita memahami mengenai pengertian kepribadian introvert dan ekstrovert, hari ini kita ulas beberapa mitos yang keliru tentang kepribadian tersebut.

1. Mitos : Introvert adalah Pemalu
Fakta : Tentu saja ada introvert pemalu. Akan tetapi introvert dan rasa malu tidak sama. Menurut Helgoe, seorang asisten professor psikologi Davis & Elkins College West Virginia, kepribadian introvert terlihat pemalu karena mereka cenderung berpikir sebelum berbicara, serta memproses sesuatu secara internal, berbeda dengan ekstrovert yang lebih spontan dalam mengungkapkan sesuatu.

2. Mitos : Seorang Introvert Tidak Dapat Menjadi Public Speaker
Fakta : Setengah dari public speaker dunia adalah seorang introvert. Seorang introvert dapat menjadi public speaker bila mereka mempersiapkan diri dan berlatih dengan baik, serta menyadari jika mereka menarik.

3. Mitos : Seorang Ekstrovert Lebih Bahagia Dibandingkan Seorang Introvert
Fakta : Baik introvert maupun ekstrovert bahagia dengan caranya masing-masing. Ekstrovert merasa “hidup” di keramaian, sedangkan introvert merasa “damai” saat berada dalam ketenangan. Dalam masyarakat awam, sebuah ketenangan seringkali dinilai sebagai bentuk keprihatinan, sehingga menilai jika seorang introvert tidak bahagia.

4. Mitos : Anda adalah Salah Satu Dari Keduanya, Introvert atau Ekstrovert
Fakta : Banyak orang beranggapan seorang introvert adalah kutu buku, sedangkan ekstrovert adalah tukang pesta. Kenyataannya, tidak ada ekstrovert atau introvert 100%. Tiap orang merupakan kombinasi keduanya, yang membedakan adalah dominasi sifat introvert atau ekstrovert.

5. Mitos : Ekstrovert Bukan Pendengar yang Baik
Fakta : Seorang ekstrovert dapat menjadi pendengar yang baik karena mereka mampu mengembangkan hubungan dengan orang lain dan tahu bagaimana membuat orang lain merasa nyaman. Mereka menjadi menarik karena mampu melontarkan pertanyaan terbuka, sehingga membuat suasana menjadi lebih hidup.

6. Mitos : Ekstrovert Tidak Suka Sendiri dan Suasana Tenang
Fakta :  Setiap orang memerlukan “Me Time” untuk memperbaiki mood dan membuat lebih bersemangat. Tipe ekstrovert menghabiskan “Me Time” dengan dosis yang lebih sedikit dan cara yang berbeda

7. Mitos : Ekstrovert Berpikiran Dangkal
Fakta : Ekstrovert maupun introvert memiliki cara masing-masing dalam hal memproses informasi. Tipe ekstrovert lebih aktif dalam memulai percakapan, tetapi memerlukan waktu untuk eksplorasi secara lebih mendalam dan tak jarang mereka memiliki gagasan lebih baik tentang suatu hal.

Kesimpulannya, ekstrovert maupun introvert akan berkembang baik jika dikelola secara baik pula. Kepribadian manusia itu kompleks. Mereka dibentuk dari pengalaman, sejarah pribadi, interaksi, dan budaya di mana mereka dibesarkan. Seorang introvert mendapat kekuatan dari ide dan refleksi batin, sedangkan ekstrovert melalui kegiatan eksternal. Kedua kepribadian ini memiliki kekuatannya masing-masing. Apapun kecenderungan seseorang, baik introvert maupun ekstrovert, jika ia mampu menerima diri sendiri dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki, maka ia akan bertumbuh menjadi pribadi yang baik.

sumber: psikologiID
Mitos Keliru tentang Introvert dan Ekstrovert 4.5 5 Augusty Sunday 13 December 2015 Setelah kemarin kita memahami mengenai pengertian kepribadian introvert dan ekstrovert , hari ini kita ulas beberapa mitos yang keliru ...


No comments:

Post a Comment